Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 04 April 2011

Cah Sawi Putih

           
            Nah, buat yang bosen makan sawi ijo mulu, coba deh sekali- kali coba makan sawi putih (sebenernya kita dah biasa makan ini sawi kalo beli cap cay di abang- abang yang jual nasgor dan kawan- kawannya). Cuma kita kadang selalu mikir sawi itu ijo aja, padahal masih ada sawi putih loh. Buat yang suka liat film korea mungkin udah gak bingung, soalnya salah satu makanan khas Korea yaitu Kim Chi, juga mengunakan Sawi Putih sebagai bahan utama nya (meskipun ada yang memakai pok coy dan campuran lobak).

         Jadi buat yang di kosan, biar berasa di Korea, sambil menghabiskan nonton film- film Korea yang kalian miliki (Cewek Nozo nih), tak da salahnya masak sawi putih yok, meskipun nggak di Kim Chi, kita bikin sodaranya aja , yaitu di Cah, atau ada yang bilang di tumis, hhe

Apa aja sih bahannya?

  • Bahan yang dibutuhkan
Sawi Putih
Tahu (Potong dadu, goreng dahulu,bisa ditambahkan bisa nggak)
Sosis (jika ada)
Wortel (bisa ditambahkan bisa nggak)
Taoge (bisa ditambahkan bisa nggak)
Daun bawang (bisa ditambahkan bisa nggak)
Bawang Putih
Bawang Merah
Lengkuas (jika ada)
Cabai merah besar (jika suka)
Cabai rawit
Saus tiram (jika ada)
Minyak sayur/ margarin
Gula
Garam
Merica bubuk
Air (jika suka berkuah banyak)


  • Cara Membuatnya
  1. Panaskan penggorengan, masukkan minyak atau margarin secukupnya.
  2. Tumis bawang putih, lalu bawang merah, dan daun bawang, tunggu beberapa saat lalu masukkan wortel, aduk
  3. Lalu masukkan Cabai merah besar, Cabai rawit dan lengkuas, Sosis dan Saori Saus Tiram aduk hingga merata
  4. Masukkan Tahu dan Sawi putih, tambahkan Garam, Gula, dan merica secukupnya, aduk hingga merata, tutup dengan tutup panci, tunggu hingga sawi terlihat layu
  5. Masukkan taoge, aduk hingga merata, tambahkan air secukupnya (jika menyukai kuah banyak)
  6. Aduk- aduk, jika suka tambahkan sedikit tomat.
  7. Aduk hingga merata, matangkan sesuai selera
  8. Sajikan

Keterangan:

         Lewat keterangan ini, sebenarnya saya ingin menekankan bahwa sebenarnya memasak itu bukanlah sebuah pekerjaan yang harus dipusingkan dengan aturan dan bahan- bahan yang harus dipakai, serta bumbu yang harus digunakan. Memasak adalah seni serta kreatifitas kita dalam mengolah suatu masakan. bagi saya memasak adalah sebuah hobi, media bereksperimen, serta wadah kreatifitas. Resep diatas adalah resep yang sudah saya sederhanakan, walaupun ada teman saya yang bilang, " Itu masih terlalu ribet, apalagi buat cowok". Nah lo, menurut kalian?

         Yaudah kalo gak mau ribet, bumbuin aja pakai bawang putih, bawang merah, cabai, merica, gula dan garam, itu udah cukup kok, yah standar buat lidah kita lah. Lalu kalo bahannya menurut kalian masih ribet, yaudah cukup sawi putih aja. Kalu yang menginginkan tahu nya sebagai lauk, ya sudah goreng tahu sebagai lauk, jangan dicampur, gampang kan? take easy to cook cuyyy!

          Oia, penambahan air didalam resep ini, jika kalian benar- benar ingin sayur ini berkuah banyak, soalnya tanpa diberikan air yang banyak, sayur ini sudah pasti akan berkuah, akibat penyusutan sawi putih, jadi suka suka kalian deh, mau kuah banyak atau kuah sedikit. kalau menurut saya, sesuaikan dengan banyaknya kombinasi isi sayur yang kalian gunakan.

Tips:

Buat yang suka terasi, sebenernya kalian bisa mengganti saus tiram tersebut dengan terasi, enak juga kok, bahkan kalo ditambah dengan sedikit udang kecil (yang biasanya buat ebi, orang jawa menyebutnya Urang Impun) pasti lebih yummy. Dan sebelum diangkat kasih sedikit saja perasan jeruk nipis atau kasih daun jeruk nipis sewaktu menumis bawang, tambah sedap deh.


Selamat Mencoba :)
Khususnya buat Cimuth



Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderfull Taste
Surabaya 040411

Sabtu, 02 April 2011

Sayur Bening Kunci

Nah, karena si Fay ini ada di FK UNS yang notabene ada di kota Solo, maka saya yakin harga sayuran disana relatif lebih murah dibandingkan dengan kita- kita yang berada di kota besar. Sebenarnya memasak sayur ini bisa dikatakan mudah banget, bahkan tidak memerlukan waktu yang lama. Sangat simple sekali.


  • Bahan yang dibutuhkan

Sayur Bayam
Jagung Muda (janten) / Jagung Manis (seuai selera)
Labu Siam (bisa diganti gambas atau Oyong)
Kemangi
Temu Kunci
Bawang Merah
Garam
Gula

  • Cara Membuatnya
  1. Kupas dan Cuci semua bahan- bahan yang dibutuhkan
  2. Potong sesuai selera
  3. Didihkan air di panci sesuai selera (mau banyak kuah atau gimana)
  4. Jika sudah mendidih masukkan jagung, tunggu beberapa saat
  5. Masukkan irisan bawang merah dan temu kunci
  6. Jika jagung sudah hampir matang masukka labu siam atau oyong
  7. Lalu yang terakhir bayam
  8. Tambahkan gula dan garam
  9. Tunggu semua bahan matang
  10. Matikan kompor, masukkan daun kemangi
  11. Sajikan


Keterangan:

Ini sayur yang fleksibel, isi sayurnya pun bisa kalian variasikan, bisa ditambahkan wortel potong korek, atau kecambah atau taoge, jadi sesuaikan dengan keinginan kalian saja suka dengan sayur apa. daun kemangi digunakan agar aroma sayur bening lebih segar dan sedap.

Tips:

Jika menggunakan bayam jebol maka langsung masukkan saja, akan tetapi jika menggunakan bayam potong, maka bayam harus di rebus terlebih dahulu beberapa saat sebelum dicampur dengan bahan masakan yang lain (bahasa jawa nya di alupi ). Jika tidak suka bayam bisa diganti sawi putih.


Selamat Mencoba
Khususnya buat Jinan




Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderful Taste
Surabaya 030411

Saus Asam Manis

Haduh,,, baca judulnya aja udah kebayang kan, Gurame goreng tepung yang udah di fillet, tapi kerangkanya masih diikutin di piring, terus disiram saus asam manis, dimakan pake cah kangkung sama nasi hangat, OMG, wonderful taste, hhha. Saus ini lebih dikenal berasal dari Cina/Tioghoa, yang pada dasarnya dibuat dari cuka, air, saus tomat, gula dan garam, dan ditambah larutan tepong maizena sebagai pengental. Akan tetapi ketika masuk ke Indonesia, maka saus ini diadptasi dengan menambahkan beberapa siung bawang putih, irisan daun bawang dan irisan wortel mosel korek api, agar terlihat lebih menarik.

lalu kalo di kosan pengen bikin gimana ya?  Gampang,
ga harus gurame kok, pake telor dadar/ omelet juga udah enak, bahkan tahu goreng pun tak masalah, kalo lagi bikek sih, lele goreng tepung asam manis juga enak loh..., pindang juga tak apa, terserah kalian lah,, it's just about choice, mau makan pake lauk apa? trus isram pake saus asam manisnya, hhe

  • Bahan yang digunakan
Saus Tomat
Cabai Merah Besar
Bawang Putih
bawang Merah
sedikit jahe (digeprak/iris tipis)
Merica
Gula
Garam
Sedikit cuka
Air

tambahan : Daun Bawang, Wortel, Paprika, Nanas, Bawang bombay
  • Cara Membuatnya
  1. Panaskan wajan, masukkan minyak secukupnya, tumis Bawang bombay (jika ada), Wortel (jika ada) jika tidak langsung bawang putih, lalu masukkan bawang merah, cabai merah besar, dan jahe, tumis hinga harum
  2. Lalu masukkan saus tomat, Paprika (jika ada), Nanas (jika ada) dan cuka secukupnya, gula secukupnya, dan garam secukupnya, aduk hingga merata.
  3. Masukkan air, lalu tunggu hingga mendidih
  4. Jika sudah mendidih, masukkan larutan tepung maizenna secukupnya
  5. Aduk sebentar lalu angkat
  6. Siram / sajikan terpisah dengan lauk pelengkap

Tips:

Sesuaikan dengan selera anda, jika suka pedas, tambahkan cabai rawit, jadi saus Asam Pedas Manis



Selamat Mencoba :)
Khususnya HALIMAH




Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderful Taste
Surabaya 020411

Bumbu Rica- Rica

Kalo kita denger nama masakan Ayam Rica- Rica, atau ikan apa bumbu Rica- Rica, daerah mana yang akan terbersit di benak kita? Yap! manalagi kalo bukan Manado. Bumbu Rica- rica ini memang bumbu yang sangat populer di kalangan orang Indonesia, Lalu bagaimana denghan kita yang ingin mencoba membuatnya?

mari kita mencoba membuatnya!

  • Bahan Bumbu Rica- Rica

Cabai Merah
Cabai rawit merah kecil
Bawang Merah
Bawang Putih
Jahe
Serai
Daun Jeruk
Tomat Merah
Terasi Goreng
Garam
Gula
  • Cara Membuatnya
Haluskan semua bahan bumbu yang teah disiapkan, lalu tumis dengan minyak sayur secukupnya, agar lebih segar, beri sedikit perasan jeruk nipis.

Keterangan: 

Ini hanya bumbu plan saja, jadi bisa dipalikasikan ke semua bahan makanan yang ingin kita masak dengan bumbu rica, contoh Ayam, Ikan, bahkan tahupun bisa kita bumbu rica, termasuk sayuran seperti Terong yang digoreng Crispy atau wader, cumi dll. Jadi sesuaikan dengan selera anda!

Tips

Agar lebih berasa Rica nya, tambahkan sedikit Lada Hitam untuk mendukung rasa pedas yang diberikan oleh cabai.

Selamat Mencoba :)
Khususnya HALIMAH

*ini resep yang diajarin nyokap gw pas bikin ayam rica-rica*


Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderful Taste
Surabaya 020411

Rujak Kangkung

        Masakan ini adalah masakan khas Kuningan, yang mana terkadang nama Rujak Kangkung ditambahkan kata DADAKAN di belakangnya (karena kangkung di rebus dadakan, ketika ada yang mau beli, seperti mie yang baru direbus pada mie ayam).

          Selain itu, meskipun namanya kangkung, akan tetapi sayur yang terdapat di rujak ini tidak hanya kangkung saja, tetapi juga ada kecambah / taoge, juga timun rebus atau orang Blitar menyebutnya "Blendi". Sekilas mungkin kita akan mengira ini lotek atau pun pecel, ya, jika dilihat dari sayur yang digunakan, akan tetapi jika kita lihat bumbu pada sambal nya, maka ini berbeda dengan sambal pecel.

  • Bahan untuk Sambal "Rujak Kangkung"
Cabai merah besar
Cabai merah keriting
Cabai rawit
Tomat Merah
Terasi
Asem jawa
Gula merah
Garam
Air
  • Cara Membuatnya
  1. Kukus semua bahan sambal kecuali Asem jawa, Gula merah, Garam dan Air
  2. Setelah dikukus, angkat, lalu masukkan kedalam ulekan (lemper/layah)
  3. Ulek/ Haluskan semua bahan sambal yang sudah dikukus, lalu tambahkan Asem jawa, Gula merah, dangaram secukupnya, haluskan dan aduk hingga rata, lalu tambahkan air secukupnya.
  4. Tata semua sayur yang sudah direbus di dalam wadah, siram dengan sambel yang sudah disiapkan
  5. Selamat menikmati

Keterangan:

Pada postingan sebelumnya sudah saya utarakan bahwa saya tidak akan memberikan resep dengan takaran- takaran yang akan membingungkan kalian, khususnya cowok, jadi untuk ukuran ataupun takaran cabe dll, sesuaikan dengan selera kalian masing- masing.

Tips:

Untuk kalian yang di kosan ataupun kontrakan maupun asrama mahasiswa, jika kalian tidak memiliki dandang untuk mengukus, kalian bisa mengukus di Magic Com, dengan menggunakan sarangan pengukus-nya. Ataupun jika kalian menginginkan yang lebih segar, bahan sambal bisa dihaluskan secara mentah, tanpa dikukus terlebih dahulu.

Untuk menambahkan aroma segar, berikan sedikit perasan jeruk nipis dalam sambal yang sudah dihaluskan.

Selamat Mencoba :)
Khususnya HALIMAH

*Ini mah gw dah biasa bikin di kosan, tapi ga pake gw kukus, kelamaan. Cuman gw baru tau kalo disono namanye Rujak Kangkung, hahhaha*


Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderful Taste
Surabaya 020411

Jumat, 01 April 2011

Sosis Setan Saus Teriyaki

        Nah,, Karena resep pertama ini pesenan Si Imam TR (yang notabene sedang melanjutkan perjalanan studinya di Jerman) maka bahan makanan yang banyak tersedia adalah daging- dagingan dan segala macamnya, maka resep pertama ini berbahan baku utama Sosis.

  • Bahan yang kita perlukan adalah:

Sosis
Lada Hitam
Saori Saus Teriyaki
Mentega / Minyak Sayur
Daun Bawang (jika ada)
Cabai biasa / cabai bubuk

  • Bahan tambahan (jika ada ataupun diinginkan)

Wortel
(bisa juga ditambahkan kecambah, tahu , brokoli ataupun sawi putih)

  • Cara Membuatnya
  1. Potong Sosis sesuai selera
  2. (jika ada wortel, parut wortel dengan parutan keju)
  3. Panaskan wajan/ penggorengan, lelehkan sedikit mentega atau panaskan minyak sayur secukupnya
  4. Masukkan wortel (jika ada) jika tidak ada wortel, langsung masukkan Sosis, hingga agak kecoklatan
  5. Masukkan lada hitam secukupnya, Cabai (bubuk ataupun biasa) seseuai selera, aduk hingga merata
  6. Masukkan Saori Saus Teriyaki (jika ingin kental, tambahkan 1-2 sendok larutan tepung maizena)
  7. Jika ingin saus teryaki yang encer sebagai kuah, tambahkan 1 gelas air, sedikit garam dan gula (sedikit saja)
  8. Tunggu beberapa saat, lau hidangkan
  9. Sajikan bersama nasi putih hangat, ataupun dijadikan isi sandwich

Keterangan:

Mengapa resep ini tidak membutuhkan garam dan gula bawang potih ataupun bawang merah? karena pada dasarnya Saori Saus Teriyaki adalah saus yang sudah berbumbu, jadi karena kita memasak dalam jumlah yang kecil (porsi kecil) dengan isi bahan makanan hanya sosis saja (sedikit tambahan, misal wortel atau telor) maka tidak membutuhkan tambahan garam taupun gula. 

Akan tetapi jika kita menginginkan saus tersebut encer ( sebagai kuah dan harus menambahkan air) maka  sebaiknya kita menambahkan sedikit garam dan gula. Tidak hanya itu, jika kita menambahkan banyak sekali jenis bahan (seperti wortel, taoge, sawi putih, tahu dll) sebaiknya gunakan tambahan bumbu seperti berikut:

Bawang Putih
Bawang Merah 
Daun Bawang
Lada Putih
Gula
Garam
Air Secukupnya

Semua bumbu tambahan tersebut di tumis sebelum sosis dimasukkan, ataupun setelah sosis di masukkan. Lalu dalam resp ini saya tidak mau memusingkan kalian (terutama para laki-laki) dengan takaran2 1 sendok teh, 1 sendok makan, dll. Karena saya adalah orang yang paling tidak bisa menuliskan hal tersebut, karena itu sesuai dengan banyaknya bahan yang kita gunakan dan selera orang yang memasak makan tersebut.

Karena memasak itu adalah pekerjaan yang membutuhkan insting dan lidah sebagai perasa, so suka2 kalian mau memasukkan seberapa banyak, tapi ingat, sesuai porsi yang kalian masak ya!

Tips:

Masakan ini sangat fleksibel dengan makanan lainnya, bisa dijadikan bekal makan siang ke kampus dengan nasi putih dan salad sayur (kubis iris tipis2 dan parutan wortel campur dengan mayonaise ataupun spicy mayonaise). Bisa juga dimakan sebagai pendamping roti ataupun dijadikan isi sandwich.

Selamat Mencoba :)



Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderful Taste
Surabaya 020411

Memasak itu banyak Manfaatnya


          Banyak dari kita yang berkilah dengan ucapan, '' ah rebyek banget sih, mau makan aja harus masak, capek deh!''. Akan tetapi jika ia mengetahui apa saja manfaat lebih yang akan ia dapat, terutama berapa jumlah uang yang bisa ia simpan dengan memasak, niscaya ia akan berusaha untuk memasak setiap hari.

          Tak hanya itu, dari rangkaian memasak yang pastinya didahului dengan belanja ini pun, juga memberikan hikmah tersendiri kepada kita terutama pada saat masuk kuliah pagi (sekedar informasi, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, kuliah pagi jam pertama adalah pukul 07.00). Dianta manfaat yang saya peroleh adalah sebagai berikut;

  •          Menghindarkan kita dari tidur setelah subuh


          Kita harus membeli bahan- bahan (terutama sayuran) yang akan kita masak pada hari itu (meskipun bisa disiasati dengan membelinya dimalam hari, dan kita cuci kupas dan potong, lalu masukkan lemari pendingin), akan tetapi buat yang di kosan-nya, kontrakan-nya ataupun asrama mahasiswa tidak dilengkapi dengan lemari pendingin, sebaiknya membeli sayur di pagi hari, agar sayur tetap dalam kondisi segar. Dengan membeli sayur setelah subuh, maka kita bisa sekaligus ber-olahraga (jalan kaki/ lari-lari kecil) sewaktu menuju tempat kita berbelanja (pasar ataupun warung sayur).

  •          Sempat sarapan sebelum berangkat kuliah


          Bukan berarti hidup saya untuk makan, akan tetapi makan untuk hidup, ya! Akan tetapi untuk menghidupi otak kita juga, karena dengan nutrisi dan berbagai kandungan yang terdapat dalam makanan yang kita makan, akan memberikan energi yang cukup untuk kita berfikir ketika kuliah pagi. Bahkan jika kita memiliki waktu yang cukup, maka kita juga bisa membuat snack untuk waktu jeda kuliah (hal ini lumayan menghemat, ketimbang membeli jajan di kantin fakultas, ataupun di pedagang yang menjual jajanan di sekitar kampus).

  •          Terhindar dari rasa bosan dengan makanan warung-an


                    Banyak dari teman- teman saya yang mengeluhkan akan hal ini, begitu pula dengan yang saya rasakan, “apaan nih masak tiap pagi kalo gak pecel, ya soto, trus siang kalo gak ini, ya itu, malem kalo gak penyetan, ya nasi goring, mie atau cap cay, Bosen banget dah”. Nah, dengan memasak, kita kaan terhindar dari rasa bosan itu, karena kita bisa memasak makanan sesuai dengan apa yang kita inginkan, selain itu kita juga bisa ber-eksperimen dengan resep ataupun bumbu-bumbu yang kita pakai. Ingat memasak itu adalah seni, jadi kita bisa bereksperimen dengan bumbu- bumbu ataupun jenis bahan makanan yang akan kita pakai. Misal, sesekali mengganti cabai biasa dengan cabai bubuk plus lada hitam, membuat burger dengan mengganti roti menjadi tahu ataupun tempe, dll.

  •          Menghemat pengeluaran


          Untuk bagian ini, kita membutuhkan contoh nyata atau fakta di lapangan, akan tetapi dengan harga bahan makanan, ataupun seporsi makanan yang berbeda- beda di daerah universitas tempat kita berada (antara anak UGM dengan UI ataupun UNJ, akan terlihat sekali perbedaan harga 1 porsi makanan, begitu pula dengan ITB ataupun UNPAD dengan UNAIR ataupun ITS).

          Namun karena saya di UNAIR yang terletak di kota Surabaya (yang notabene adalah kota metropolitan kedua setelah Jakarta), saya akan memberikan contoh perhitungan dengan harga- harga yang berlaku di Surabaya khususnya daerah sekitar UNAIR (karena antara UNAIR dan ITS pun harga 1 porsi makanan juga berbeda- beda).

          Sebenarnya banyak model warung yang memberikan harga murah dengan konsep prasmanan, ataupun nasi ambil sepuasnya, akan tetapi tetap saja jika dihitung hitung sebagai berikut;
1 porsi Nasi+ Sayur + Tahu tempe = 4000
1 Porsi Nasi + Sayur + Telur/ ikan pindang = 5000
1 porsi Nasi + Sayur + Ayam/ikan(selain pindang)/ telur dadar = 6000
Nasi Goreng/Mie Goreng/ Kuah standar = 7000- 8000
Cap Cay = 8000- 12000
Soto       = 6000- 7000
Sate Ayam (10 tusuk tanpa lontong Non pedagang keliling) =5000- 8000
(jika beli di pedagang keliling, beli 5000 plus lontong sudah dapat 5 tusuk sate ayam)
Sate Ayam (10 tusuk tanpa lontong Non pedagang keliling) = 13000- 18000
(jarang sekali pedagang sate keliling yang menjua sate kambing, jika anda berkunjung ke sate kambing karang Menjangan, maka harga 10 tusuk sate plus nasi dan es jeruk dihargai 28000)



           Dan masih banyak contoh makanan semisal Tahu Tek, Tahu telur, Tahu Campur. Penyetan (ayam, lele, bebek, dara, dll), Seafood, Bakso, Gudeg, dll. Dengan kisaran harga dari 5000 sampai 12000.   
                                        
          Ini adalah harga standar harga tengah di Surabaya, ada beberapa warung atau tempat makan yang memiliki harga jual diatas harga tersebut ataupun dibawah harga tersebut.

          Nah, harga diatas adalah untuk sekali makan, sedangkan normal-nya kita makan 3 kali sehari, kita ambil harga terendah, 4000 X 3 = 12000. Padahal dengan berbelanja antara 4000- 5000 rupiah, kita sudah bisa memasak makanan untuk 3 kali makan bahkan bisa untuk ber-dua, lengkap dari sayur hingga lauk pauk (dengan catatan Beras dan Minyak, Gas, Bumbu dapur, dibeli 1 bulan sekali dalam jumlah besar dan bisa patungan dengan teman 1 kosan ataupun 1 kontrakan).

          Jadi jika kita berbelanja 4000- 5000, ditambah dengan keperluan dasar (Beras, Minyak, Gas, Bumbu dapur dll) total belanja sehari (keperluan dara harga total untuk 1 bulan dibagi 30 hari) antara 8000- 10000 rupiah, akan tetapi ini dihitung untuk porsi berdua, jadi tetap saja pengeluaran untuk belanja sekitar 4000- 5000 rupiah.

          Apalagi jika melakukan seperti yang saya lakukan (Beras, Minyak, Bumbu dapur, dan keperluan dasar lainnya, dibawa ataupun dikirim dari rumah) semakin menghemat pengeluaran kan? Tinggal pintar- pintar kita saja berbelanja dan mengolah makanan tersebut. Apalagi jika kita mengontrak bareng teman- teman (seperti Nozo UGM Cowok), 1 0rang patungan 4000 saja, itu sudah cukup bahkan lebih untuk makan 3 kali sehari, bahkan jika mau makan ayam 3 kali sehari, patungan saja 1 orang 5000- 6000 itu sudah cukup (malah lebih bahkan makan mewah)

          Bagaimana? Sudah terlihat kan perbandingannya? Tertarik untuk memasak? Sisa uang bisa untuk beli bensin, jajan, beli pulsa, ataupun kebutuhan lainnya (lebih baik ditabung sih) hhe.

  •          Meningkatkan kreativitas


                    Dengan memasak, daya kreativitas kita pasti akan meningkat, tidak sekedar dalam bagaimana me- mix and match bumbu dapur, mem-variasikan pemakaian sayur, mengganti bahan baku, dan lain sebagainya. Tetapi juga kreativ untuk menggunakan alat memasak, kreativ untuk berbelanja, bahkan jika kita mempunyai ketertarikan terhadap business atau berwirausaha maka kita bisa menjadikannya peluang bisnis (akan saya terangkan lebih lanjut pada poin berikutnya)

                   Kreativ dalam berbelanja juga bisa kita terapkan dan akan mendukung manfaat menghemat pengeluaran, contohnya, menanam cabe di depan kosan ataupun kontrakan (kebayang dong waktu harga cabe mahal? Biasanya beli 500 aja bisa, ini beli 100 dapet 3-4 biji, 5 kalo lagi baik pedagangnya).

                   Benih nya pun bisa kita dapatkan dari cabe yang kta beli, caranya keringkan saja 1 buah cabai, ataupun langsung keringkan isi 1 buah cabai, kalo sudah kering, tanam saja di tanah, ataupun di pot juga bisa, taruh di depan kosan, ataupun deket pintu dapur, kalau udah tumbuh dan cabai matang, tiap masak tinggal petik deh, (thanks ayah dan ibu atas saran menanam cabai di kosan, soalnya dirumahpun hal itu juga yang dilakukan orang tua saya agar tetap bisa makan pedas ketika cabai mahal). Soalnya saya adalah penggemar pedas, yang jarang bisa makan kalau tidak pedas, jadi tetap butuh cabai jika masak.

                   Itu hanya cabai, jika yang lain juga bisa ditanam di pot kenapa tidak? Selain menghemat uang belanja, juga menambah sejuk suasana kosan, seperti sayur bayam, kenikir, tomat, kemangi, dll.

  •          Peluang bisnis (Catering/jajanan)


                    Dengan hobi dan kemampuan memasak yang kita miliki, kita bisa berbisnis ketering sejak dini, yah paling nggak bikin jajanan lah (nanti akan saya posting resep jajanan yang bisa kita jual untuk bisnis. Catering tidak harus repot dan besar, seperti yang saya lakukan, buat saja bekal makan siang 2 porsi, lalu ketika ke kampus, tawarin teman kamu bekal makan siang yang kita buat, tetapi jika takut tidak lahu, lakukan saja hal yang saya lakukan, yaitu menawarkan bekal makan siang ataupun jajanan ke kawan-kawan kita via FB ataupun Twitter, karena kita juga butuh efisiensi waktu (apalagi jika kuliah pagi) batasi saja pemesanan hari ini 2- 3 porsi atau sesuai kemampuan kita, (ini lumayan lo labanya, praktekkan dan hitung sendiri laba nya).

                   Kalau tidak mau repot, jajananpun juga jadi, malah kita bisa tawarkan ke teman-teman kita ketika jeda waktu kuliah, yakin deh banyak yang beli (berani mencoba itu kuncinya). Ga harus ribet mikir, roti bakarpun bisa kamu jual kok, atau rice ball, mini sushi, ataupun makanan lainnya. Selamat mencoba kawan
  •          Dan masih banyak lagi


          Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, namun secara garis besar hal in yang paling saya rasakan. Selamat mencoba kawan, dan buktikan hasilnya. Terimakasih Ayah dan Ibuku yang sudah memberiku kemampuan dan keterampilan dalam megolah bahan makanan. Big Hug for You….. (adik- adikku juga pada bisa masak semua loh)


Sudah dulu ya,,, semoga bermanfaat kawan!






Akbar si Penyulap Rasa
Wonderful Taste
Surabaya 020411

         

My Gratitude

Terimakasih buat teman temanku yang sudah "MENGOMPORI" ku untuk memulai nge-blog lagi, terutama si Imam TR yang menginspirasiku tentang isi blog baru-ku ini, juga Jipay dan Ifah yang memberikan sekelumit saran yang membantu memutuskan harus memakai jasa blog apa (hhe) , juga qoqon yang ternyata menunggu postinganku juga (terimakasih)

Terimakasih Semua,,
Salam Sayang Untuk Nozomi Hikari
:)