Senin, 04 April 2011

Cah Sawi Putih

           
            Nah, buat yang bosen makan sawi ijo mulu, coba deh sekali- kali coba makan sawi putih (sebenernya kita dah biasa makan ini sawi kalo beli cap cay di abang- abang yang jual nasgor dan kawan- kawannya). Cuma kita kadang selalu mikir sawi itu ijo aja, padahal masih ada sawi putih loh. Buat yang suka liat film korea mungkin udah gak bingung, soalnya salah satu makanan khas Korea yaitu Kim Chi, juga mengunakan Sawi Putih sebagai bahan utama nya (meskipun ada yang memakai pok coy dan campuran lobak).

         Jadi buat yang di kosan, biar berasa di Korea, sambil menghabiskan nonton film- film Korea yang kalian miliki (Cewek Nozo nih), tak da salahnya masak sawi putih yok, meskipun nggak di Kim Chi, kita bikin sodaranya aja , yaitu di Cah, atau ada yang bilang di tumis, hhe

Apa aja sih bahannya?

  • Bahan yang dibutuhkan
Sawi Putih
Tahu (Potong dadu, goreng dahulu,bisa ditambahkan bisa nggak)
Sosis (jika ada)
Wortel (bisa ditambahkan bisa nggak)
Taoge (bisa ditambahkan bisa nggak)
Daun bawang (bisa ditambahkan bisa nggak)
Bawang Putih
Bawang Merah
Lengkuas (jika ada)
Cabai merah besar (jika suka)
Cabai rawit
Saus tiram (jika ada)
Minyak sayur/ margarin
Gula
Garam
Merica bubuk
Air (jika suka berkuah banyak)


  • Cara Membuatnya
  1. Panaskan penggorengan, masukkan minyak atau margarin secukupnya.
  2. Tumis bawang putih, lalu bawang merah, dan daun bawang, tunggu beberapa saat lalu masukkan wortel, aduk
  3. Lalu masukkan Cabai merah besar, Cabai rawit dan lengkuas, Sosis dan Saori Saus Tiram aduk hingga merata
  4. Masukkan Tahu dan Sawi putih, tambahkan Garam, Gula, dan merica secukupnya, aduk hingga merata, tutup dengan tutup panci, tunggu hingga sawi terlihat layu
  5. Masukkan taoge, aduk hingga merata, tambahkan air secukupnya (jika menyukai kuah banyak)
  6. Aduk- aduk, jika suka tambahkan sedikit tomat.
  7. Aduk hingga merata, matangkan sesuai selera
  8. Sajikan

Keterangan:

         Lewat keterangan ini, sebenarnya saya ingin menekankan bahwa sebenarnya memasak itu bukanlah sebuah pekerjaan yang harus dipusingkan dengan aturan dan bahan- bahan yang harus dipakai, serta bumbu yang harus digunakan. Memasak adalah seni serta kreatifitas kita dalam mengolah suatu masakan. bagi saya memasak adalah sebuah hobi, media bereksperimen, serta wadah kreatifitas. Resep diatas adalah resep yang sudah saya sederhanakan, walaupun ada teman saya yang bilang, " Itu masih terlalu ribet, apalagi buat cowok". Nah lo, menurut kalian?

         Yaudah kalo gak mau ribet, bumbuin aja pakai bawang putih, bawang merah, cabai, merica, gula dan garam, itu udah cukup kok, yah standar buat lidah kita lah. Lalu kalo bahannya menurut kalian masih ribet, yaudah cukup sawi putih aja. Kalu yang menginginkan tahu nya sebagai lauk, ya sudah goreng tahu sebagai lauk, jangan dicampur, gampang kan? take easy to cook cuyyy!

          Oia, penambahan air didalam resep ini, jika kalian benar- benar ingin sayur ini berkuah banyak, soalnya tanpa diberikan air yang banyak, sayur ini sudah pasti akan berkuah, akibat penyusutan sawi putih, jadi suka suka kalian deh, mau kuah banyak atau kuah sedikit. kalau menurut saya, sesuaikan dengan banyaknya kombinasi isi sayur yang kalian gunakan.

Tips:

Buat yang suka terasi, sebenernya kalian bisa mengganti saus tiram tersebut dengan terasi, enak juga kok, bahkan kalo ditambah dengan sedikit udang kecil (yang biasanya buat ebi, orang jawa menyebutnya Urang Impun) pasti lebih yummy. Dan sebelum diangkat kasih sedikit saja perasan jeruk nipis atau kasih daun jeruk nipis sewaktu menumis bawang, tambah sedap deh.


Selamat Mencoba :)
Khususnya buat Cimuth



Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderfull Taste
Surabaya 040411

Tidak ada komentar:

Posting Komentar