Sabtu, 02 April 2011

Rujak Kangkung

        Masakan ini adalah masakan khas Kuningan, yang mana terkadang nama Rujak Kangkung ditambahkan kata DADAKAN di belakangnya (karena kangkung di rebus dadakan, ketika ada yang mau beli, seperti mie yang baru direbus pada mie ayam).

          Selain itu, meskipun namanya kangkung, akan tetapi sayur yang terdapat di rujak ini tidak hanya kangkung saja, tetapi juga ada kecambah / taoge, juga timun rebus atau orang Blitar menyebutnya "Blendi". Sekilas mungkin kita akan mengira ini lotek atau pun pecel, ya, jika dilihat dari sayur yang digunakan, akan tetapi jika kita lihat bumbu pada sambal nya, maka ini berbeda dengan sambal pecel.

  • Bahan untuk Sambal "Rujak Kangkung"
Cabai merah besar
Cabai merah keriting
Cabai rawit
Tomat Merah
Terasi
Asem jawa
Gula merah
Garam
Air
  • Cara Membuatnya
  1. Kukus semua bahan sambal kecuali Asem jawa, Gula merah, Garam dan Air
  2. Setelah dikukus, angkat, lalu masukkan kedalam ulekan (lemper/layah)
  3. Ulek/ Haluskan semua bahan sambal yang sudah dikukus, lalu tambahkan Asem jawa, Gula merah, dangaram secukupnya, haluskan dan aduk hingga rata, lalu tambahkan air secukupnya.
  4. Tata semua sayur yang sudah direbus di dalam wadah, siram dengan sambel yang sudah disiapkan
  5. Selamat menikmati

Keterangan:

Pada postingan sebelumnya sudah saya utarakan bahwa saya tidak akan memberikan resep dengan takaran- takaran yang akan membingungkan kalian, khususnya cowok, jadi untuk ukuran ataupun takaran cabe dll, sesuaikan dengan selera kalian masing- masing.

Tips:

Untuk kalian yang di kosan ataupun kontrakan maupun asrama mahasiswa, jika kalian tidak memiliki dandang untuk mengukus, kalian bisa mengukus di Magic Com, dengan menggunakan sarangan pengukus-nya. Ataupun jika kalian menginginkan yang lebih segar, bahan sambal bisa dihaluskan secara mentah, tanpa dikukus terlebih dahulu.

Untuk menambahkan aroma segar, berikan sedikit perasan jeruk nipis dalam sambal yang sudah dihaluskan.

Selamat Mencoba :)
Khususnya HALIMAH

*Ini mah gw dah biasa bikin di kosan, tapi ga pake gw kukus, kelamaan. Cuman gw baru tau kalo disono namanye Rujak Kangkung, hahhaha*


Akbar Si Penyulap Rasa
Wonderful Taste
Surabaya 020411

2 komentar:

  1. angkay 5 jempol deh buat jeung[KOKI] fadhil, :D

    ok deeeeh....

    cepet ke jogja yaaa... nanti kita masak masak dan nari saman...hahaha
    gw kangen saman dhil...heu heu heu heu

    BalasHapus
  2. wakakakka, iya nih meh, anak saman dsini letoy banget deh sumpah, padahal die dlu anak 70 (ketua samannye) apa lemes gara2 puasa ya (gw liatnya jaman ramadhan)

    ok tar pas ke jogja kudu masak bareng (dimane?)
    kontrakan cowok ade kompor?

    gw juga kangen meh,,,
    sumpeh deh
    ngobrol ama lo itu ga sia2 ade ilmu yg gw dapet
    ahahhahah

    BalasHapus